Total Tayangan Halaman

Rabu, 09 Mei 2012

Rangkuman bab 6


                                Rangkuman jam ke 6
1.       Pen Tool : untuk menggambar beragam objek dalam format shape atau vector. Contohnya dalam pembuatan logo maupun siluet.

Praktek : aktifkan pen tool pada option bar, pilih opsi paths dan exclude overlapping path areas. Untuk mengubah titik path yang lurus menjadi melengkung gunakan convert point tool. Bila posisi point belum pas gunakan direct selection tool untuk menggeser posisi gunakan direcr selection tool.

2.       Rectangle , rounded rectangle and Ellipse tppl : digunakan untuk pembuatan vector ( shape ) berbentuk persegi dan elips .

Praktek : dari dalam photoshop klik Ctrl+N untuk membuat dokumen baru. Aktifkan Rectangle tool dari toolbar ( anda juga bias memilih bentuk lainnya ) daari option bar pastikan memilih shape layers. Dengan menggunakan rectangle , klik dan drag untuk membuat shape persegi. Untuk membuat shape berbenruk kotak, klik pada jendela dokumen , lalu drag sambil menahan Shift.
Jika menahan shioift sebelum membuat shape , maka shape kotak akan dibuat pada layer shape yang sedang aktif. Aktifkan Ellipse tool. Klik dan drag untuk membuat shape elipse dan tekan shift .
Untuk mengatur besar lengkung klik , radius. Semakin besar nila radius, maka sudut akan semakin melengkung.

3.       Polygon Tool : untuk membuat shape bersudut banyak dan shape berbentuk bintang.

Praktek : klik dan drag pada kanvas  untuk membuat shape polygon.untuk memilih shape, klik shape option. Clik dan drag untuk membuat shape

4.       Costum Shape Tool : berisikan beragam shape siap pakai. Selain memilih shape yang sudah ada, anda juga bias membuat shape sendiri.
Praktek : aktifkan COstum Shape Tool dari toolbar, lalu pilih shape yang diinginkan. Untuk membuat                shape klik dan drag pada kanvas menggunakan costum shape tool. Anda dapat menampilkan shape lain yang tersembunyi dari option bar. Pada kotak dialog pilih append untuk menambahkan shape baru.
5.       Horizontal Type Tool : Untuk menambah teks dalam gambar. Jenis antara lain : point text, paragraph text dan type on path.
Praktek : dalam Photoshop tekan d untuk mengembalikan warna photoshop dan X untuk membalik warna foreground dan backgrouns.Pada option bar pilih jenuis font, size dan warna text. Klik pada kanvas untuk membuat point text setelah kursor tampil, pada kanvas kitk kalimat yang diinginkan. Untuk menyudahi klik ctrl+enter atau tombol finisgh.

Untuk menambah layer style klik bevel and emboss.

6.       Foreground and Background Col9or :
Foreground color : warna yang digunakan olegh beragam tools seperti shape tools, Horizontal type tools dan brush tool.
Gradient color : menggunakan gabungan foreground color dan backghround

7.       Gradient tool : perpaduan warna yang terjadi antara 2 warna atau lebih.

Praktek : aktifkan gradient tool, pada option tool ppilih gradient yang diinginkan. Disebelahnya akan menemukan bentuk gradasi yaitu linear gradient, dan lain sebagainya.

8.       Fill Color : member warna pada layer
Praktek : klik Edit>fill [pada kotak fill pilih warna yang diinguinkan untuk mengisi layter. Bila anda ingin mengisi layer tersebut dengan pola gambar berulang, pilih pattern



Tidak ada komentar:

Posting Komentar